Portal Berita UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia, pusat pendidikan unggulan berbasis teknologi informasi

RSS/Feeds
HOME KAMPUS NASIONAL TEKNOLOGI ARSIP VIDEO GALERI FOTO REDAKSI LOGIN
Berita Terkait
Tidak terdapat Berita
Kategori Berita Lainnya
Sabtu, 14 April 2018 - 17:38 WIB
Home / Berita / Mahasiswa / sumber: unikom.ac.id

Eksplor Kreativitas Mahasiswa Dalam Berwirausaha Melalui Pedati’13

Eksplor Kreativitas Mahasiswa Dalam Berwirausaha  Melalui Pedati’13
BANDUNG, UNIKOM- Pekan Dagang Teknik Industri 13 atau dikenal dengan sebutan “Pedati’13” kembali digelar oleh Program Studi Teknik Industri Unikom sebagai wujud implementasi salah satu keilmuan yang dipelajari mahasiswa mengenai kewirausahaan. Kegiatan rutin tahunan yang digagas kali pertama pada tahun 2013 kali ini mengusung tema ‘POE TAKAPA’ yang memiliki arti “Poe Talas sareng Kalapa”.
Menurut Aldi Muhammad Rinaldy selaku Wakil Ketua Pelaksana, bahwa Pedati’13 tahun ini telah berlangsung sejak 22 Maret 2018 di area sekitar Unikom dan kegiatan puncaknya digelar pada Jumat (6/4) di Pelataran Ekonomi Kampus I Unikom dengan konsep hiburan live music dan beberapa penampilan band sehingga menambah kemeriahan gelaran Pedati’13 tahun 2018.
 
Sebelum turun ke lapangan untuk mengimplementasikan Pedati’13, 98 mahasiswa Prodi Teknik Industri Unikom yang merupakan peserta Pedati’13, terlebih dulu dikelompokan dan diberi modal awal oleh program studi. Masing-masing kelompok membuat proposal untuk memperkenalkan sekaligus menjual produk yang dipasarkannya kepada publik. Pemasaran produk pun tidak terbatas di lingkungan Unikom, melainkan dengan daya kreativitas setiap kelompok mereka bisa memanfaatkan media online yang saat ini tengah berkembang pesat dan bisa menyentuh khalayak luas.
 
Usai memasarkan produk, para peserta wajib membuat pertanggungjawaban dana yang digunakannya melalui pembuatan laporan keuangan. Adapun dana yang digunakan sebagai modal awal, akan peserta kembalikan ke Prodi Teknik Industri sedangkan keuntungan yang diperoleh akan diakumulasi dan digunakan untuk kegiatan pekan dagang di periode selanjutnya.
 
“Pedati ini adalah kegiatan real dari berwirausaha, disana mahasiswa dapat mengetahui seperti apa wirausaha, mulai dari menentukan jumlah produk yang harus dibuat, harga jual yang dikehendaki, sampai memperhitungkan keuntungan yang didapat selama penjualan, sehingga diharapkan bisa memunculkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa,” ujar Aldi.
 
Selain melibatkan HMTI Unikom sebagai kepanitiaan, Pedati’13 juga memperoleh bimbingan dan pengawasan dari Ketua Prodi Teknik Industri Dr. Henny, S. T., M. T, Dosen Pembimbing, Iyan Andriyana, S. T., M. T, Dosen Pembina Kemahasiswaan Teknik Industri, I Made Aryantha Anthara, S.T., M. T, dan seluruh jajaran dosen di Prodi Teknik Industri Unikom. Kesuksesan kegiatan ini juga berkat kerja sama yang terjalin dengan Ikatan Mahasiswa Teknik Industri Zona Jawa Barat (IMTII) dan beberapa organisasi kemahasiswaan internal Unikom yang terlibat sebagai media partner.
 
Menutup rangkaian Pedati’13 tahun 2018, HMTI Unikom mengadakan kuliah umum bertajuk "Menjadi Pengusaha Muda di Era Digital" yang berlangsung di Auditorium Miracle Unikom pada Rabu (11/4) dengan menghadirkan pembicara, Novi Setia Nurviat, S.SI.,MOS selaku owner & pendiri dari Inovindo Group. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh peserta Pedati’13 2018 serta para dosen di lingkungan Prodi Teknik Industri Unikom sekaligus mengumumkan kelompok yang menjadi juara di Pedati’13 kali ini. Terselenggaranya kegiatan Pedati’13, diharapkan mahasiswa Prodi Teknik Industri Unikom bisa mengimplementasikan keilmuan yang diperolehnya selama studi di Unikom sehingga kelak menjadi lulusan yang profesional di berbagai bidang. (Direktorat Hms & Pro)
 
Oleh :Taryana Suryana dipublish oleh Taryana SuryanaSumber :unikom.ac.id pada Sabtu, 14 April 2018 - 17:38 WIBFormat Lain :Print FriendlyPDFTag :pedati
Like This :
 
Mahasiswa
HIPMA UNIKOM: BANGUN SEMANGAT PENGUSAHA PEJUANG  DI KALANGAN ANGGOTA

HIPMA UNIKOM: BANGUN SEMANGAT PENGUSAHA PEJUANG DI KALANGAN ANGGOTA

2 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- “Menciptakan Generasi Berjiwa Wirausaha” adalah tema yang diusung oleh Himpunan Pengusaha Muda Mahasiswa (HIPMA) Unikom pada gelaran ‘Workshop Pengenalan 30 Produk Reseller dan Dropshipper’, yang digelar di R.2405 Unikom, Kamis (12/4). “Program kerja..

 
Berita Terbaru
HIPMA UNIKOM: BANGUN SEMANGAT PENGUSAHA PEJUANG  DI KALANGAN ANGGOTA

HIPMA UNIKOM: BANGUN SEMANGAT PENGUSAHA PEJUANG DI KALANGAN ANGGOTA

2 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- “Menciptakan Generasi Berjiwa Wirausaha” adalah tema yang diusung oleh Himpunan Pengusaha Muda Mahasiswa (HIPMA) Unikom pada gelaran ‘Workshop Pengenalan 30 Produk Reseller dan Dropshipper’, yang digelar di R.2405 Unikom, Kamis (12/4). “Program kerja..

 
 
 
ATASPortal Berita UNIKOM © 2010 Universitas Komputer Indonesia
Unikom Website · Fans Page · Repository · Blog · Kampus · Kuliah Online · Nilai Online · valid XHTML™ · valid CSS