Portal Berita UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia, pusat pendidikan unggulan berbasis teknologi informasi

RSS/Feeds
HOME KAMPUS NASIONAL TEKNOLOGI ARSIP VIDEO GALERI FOTO REDAKSI LOGIN
Foto Terkait
ICT AWARD 2011, Merit Award: Mouse Hand Tracking Application, Kontrol Pointer Mouse dengan Interaksi Alami Gerak Tangan (Hendri Karisma – Universitas Komputer Indonesia)

Indonesia ICT Award 2011

Jumat, 04 November 2011 - 10:15 WIB · Mouse Hand Tracking Application, Kontrol Pointer Mouse dengan Interaksi Alami Gerak Tangan (Hendri Karisma – Universitas Komputer Indonesia)

 
Berita Terkait
UNIKOM RAIH EMAS & MERIT AWARD INDONESIA ICT AWARD 2011

UNIKOM RAIH EMAS & MERIT AWARD INDONESIA ICT AWARD 2011

Jumat, 04 November 2011 - 10:02 WIB · UNIKOM RAIH EMAS & MERIT AWARD INDONESIA ICT AWARD 2011     12 Oktober 2011                       Pesta digital insan kreatif terbesar di tanah..

 
Enhancing Competitive Advanced Trough ICT Development Towards a World Class University

Enhancing Competitive Advanced Trough ICT Development Towards a World Class University

Rabu, 16 Maret 2011 - 11:16 WIB · Rabu, 16/03/11 | 11:08 WIB Talk Show Smart Campus Bertempat di Aston Primera Pasteur Hotel Bandung, selasa 15 Maret 2011 PT.Telkom mengadakan acara Talk Show Smart Campus, dalam acara ini telah di undang wakil-wakil perguruan tinggi yang ada di jawa barat yang telah menggunakan layanan telkom,..

 
Kategori Berita Lainnya
Sabtu, 05 Juli 2014 - 10:54 WIB
Home / Berita / Teknologi / sumber: inet.detik.com

ICT Watch Umumkan 12 Proyek Pengembangan Aplikasi

ICT Watch Umumkan 12 Proyek Pengembangan Aplikasi
Jakarta - Ford Foundation, Wikimedia Indonesia dan ICT Watch mengumumkan 12 proyek yang akan mengembangkan aplikasi ponsel dan proyek seluler yang akan dibiayai oleh inisiatif Cipta Media Seluler.

Hibah Terbuka Cipta Media Seluler diluncurkan untuk memperkuat penggunaan teknologi seluler dalam menangani masalah keadilan sosial di Indonesia. Ke 12 penerima hibah proyek dianggap mampu menjawab berbagai isu, mulai dari pembuatan sebuah aplikasi yang menyediakan akses ke layanan pekerjaan bagi orang-orang difabel, hingga ke layanan pesan pendek (sms), dan pemetaan warga untuk mengatasi berbagai masalah seperti pengelolaan sampah, transparansi pemerintah, kesehatan dan kebebasan beragama.

Sebanyak 368 ide proyek mewakili 29 provinsi dari total 33 provinsi di Indonesia diusulkan oleh publik melalui situs www.ciptamedia.org. Ide-ide ini kemudian mengalami proses seleksi bertahap hingga mendapatkan 30 finalis.

Dari 30 calon penerima hibah ini publik memiliki kesempatan memilih tiga proyek, sedangkan 27 sisanya dipilih oleh tim praktisi dan ahli lapangan. Seluruh finalis kemudian bertemu dengan tim teknis dalam lokakarya di Jakarta untuk menyampaikan ide-ide mereka, mendapat masukan, dan mengembangkannya lagi hingga menjadi proposal lengkap.

Kemudia dari 30 finalis tersebut dipilih 12 proyek untuk dibiayai oleh Tim Seleksi Akhir. Tim Seleksi Akhir terdiri dari ahli teknik informatika Onno Purbo, pendiri detik.com Yayan Sopyan, aktivis sosial dan sejarawan Hilmar Farid, akademisi dan kepala staf ahli di Unit penasihat Presiden (UKP4) Yanuar Nugroho, dan program officer Ford Foundation untuk media Heidi Arbuckle.

Berbicara atas nama tim seleksi, Heidi Arbuckle mengatakan bahwa kualitas ide-ide yang diajukan para finalis mengesankan. Menurut Heidi, hal ini menunjukkan bahwa ada potensi yang sangat besar di masyarakat untuk mengembangkan ide-ide kreatif di sektor ponsel yangtidak melulu soal keuntungan, tetapi juga untuk kepentingan sosial.

"Kami juga sangat senang dengan keberagaman isu dan penyebaran geografis pemohon hibah yang masuk pada Cipta Media Seluler. Pada akhirnya kami memilih ide-ide yang akan paling menguntungkan masyarakat dari strategi penggunaan teknologi seluler oleh tim pengusul yang dianggap mampu menjadikan ide-ide ini sehingga membuahkan hasil nyata." Ujar Heidi, seperti detikINET kutip dari keterangan yang diterima.

Dari seluruh ide yang masuk Cipta Media memetakan 33 isu lintas sektoral seperti pendidikan, hak asasi manusia, masyarakat adat, transparansi dan isu-isu perkotaan.

Sebanyak total US $ 750.000 akan dibagikan ke 12 proyek terpilih. Mereka juga akan menerima bantuan teknis dan dukungan pemanduan untuk mengembangkan proyek-proyek tersebut selama satu tahun ke depan.

(yud/yud) 
sumber:
http://inet.detik.com/read/2014/06/21/094913/2614998/398/ict-watch-umumkan-12-proyek-pengembangan-aplikasi?i991101105
Oleh :Taryana Suryana dipublish oleh Taryana SuryanaSumber :inet.detik.com pada Sabtu, 05 Juli 2014 - 10:54 WIBFormat Lain :Print FriendlyPDFTag :ict, proyek
Like This :
 
Teknologi
Google Pasang 180 Satelit untuk Akses Internet Dunia

Google Pasang 180 Satelit untuk Akses Internet Dunia

Rabu, 04 Juni 2014 - 06:50 WIB · Jakarta:Google berencana menginvestasikan dana lebih dari USD 1 miliar untuk mengirimkan 180 satelit ke luar angkasa. Satelit-satelit ini ditargetkan bisa memenuhi kebutuhan internet di belahan dunia yang belum terkoneksi. Harga satelit berkapasitas tinggi ini berkisar antara USD..

 
Berita Terbaru
Sdm Divisi Ivisi Animasi Dan Multimedia Unikom Telah Bersertifikasi Profesi Sebagai Animator 3d

Sdm Divisi Ivisi Animasi Dan Multimedia Unikom Telah Bersertifikasi Profesi Sebagai Animator 3d

2 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- Divisi Animasi Unikom berpartisipasi pada Sertifikasi Profesi Animator 3D yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif, LSP Animedia yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Cimahi pada tanggal 11 – 12 November 2017 bertempat di Gedung Cimahi Technopark.   Acara..

 
 
 
ATASPortal Berita UNIKOM © 2010 Universitas Komputer Indonesia
Unikom Website · Fans Page · Repository · Blog · Kampus · Kuliah Online · Nilai Online · valid XHTML™ · valid CSS