Portal Berita UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia, pusat pendidikan unggulan berbasis teknologi informasi

RSS/Feeds
HOME KAMPUS NASIONAL TEKNOLOGI ARSIP VIDEO GALERI FOTO REDAKSI LOGIN
Foto Terkait
INASGOC Ajak Mahasiswa UNIKOM Jadi Bagian “Program Legacy Broadcast ASIAN GAMES 2018”

INASGOC Ajak Mahasiswa UNIKOM Jadi Bagian “Program Legacy Broadcast ASIAN GAMES 2018”

Sabtu, 16 Desember 2017 - 05:45 WIB · Satu dari sepuluh kampus di Indonesia, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berkesempatan dikunjungi oleh Tim Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) dalam rangka “Broadcast Inasgoc Goes To Campus”. Bertempat di Auditorium Miracle Unikom, kegiatan yang digelar pada..

 
SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan

UNIKOM Sambut Kunjungan SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan

Senin, 04 Desember 2017 - 18:52 WIB · BANDUNG, UNIKOM- SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan melakukan kunjungan ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dalam rangka ‘Bimbingan Teknis Literasi’ yang ditujukan bagi ± 30 siswa/I tingkat XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Tahun Ajaran 2017/2018. Kunjungan yang..

 
Berita Terkait
Pencak Silat Unikom Borong Medali Di Kejuaraan Tanding Dan Festival Terbuka Jawa Barat 2018

Pencak Silat Unikom Borong Medali Di Kejuaraan Tanding Dan Festival Terbuka Jawa Barat 2018

6 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Unikom mendelegasikan atlet terbaiknya untuk berlaga di Kejuaraan Pencak Silat Tanding dan Festival Terbuka Jawa Barat 2018 yang berlangsung selama lima hari, sejak 29 April-3 Mei 2018 lalu. Bertempat di Gor Trilomba Juang Kota Bandung,..

 
Sadaya Unikom Borong Gelar Juara Di Ajang  Lomba Musik Angklung Padaeng X

Sadaya Unikom Borong Gelar Juara Di Ajang Lomba Musik Angklung Padaeng X

6 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- Keikutsertaan UKM Saung Budaya (Sadaya) Unikom dalam memeriahkan berbagai kegiatan di lingkungan internal maupun eksternal, tidak membuatnya puas dalam menorehkan karya. Hal ini terbukti dari keaktifan Sadaya Unikom mengikuti berbagai kompetisi salah satunya Lomba Musik Angklung..

 
UNIKOM Kegiatan Jalan Sehat Bersama KEMENRISTEKDIKTI

UNIKOM Kegiatan Jalan Sehat Bersama KEMENRISTEKDIKTI

6 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia” merupakan tema dari kegiatan “Jalan Sehat Bersama Kemenristekdikti” yang digelar di Kawasan Car Free Day Dago Bandung dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional..

 
Mahasiswa Unikom Belajar Public Speaking Bersama Komika Standup Comedy

Mahasiswa Unikom Belajar Public Speaking Bersama Komika Standup Comedy

Rabu, 09 Mei 2018 - 05:10 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 200 mahasiswa Unikom dari berbagai program studi memadati Auditorium Miracle untuk mengikuti seminar bertajuk “Public Speaking bersama Komika Standup Comedy” yang terselenggara atas kerja sama antara Decolgen, Ardan Group, dan Unikom melalui Direktorat Humas..

 
Jelang Wisuda Semester Ganjil, Sie Acara Tim Protokoler Unikom Semakin Matangkan Persiapan

Jelang Wisuda Semester Ganjil, Sie Acara Tim Protokoler Unikom Semakin Matangkan Persiapan

Jumat, 27 April 2018 - 10:34 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Hanya tinggal menghitung hari, Unikom akan kembali menggelar salah satu ‘hajat’ besarnya yakni Wisuda Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018 sebagai prosesi pelepasan wisudawan/ti yang selama ini telah menimba ilmu di Unikom, baik jenjang Diploma III (D3), Strata 1..

 
Kategori Berita Lainnya
Kamis, 10 Februari 2011 - 21:09 WIB
Home / Berita / Kampus / sumber: unikom.ac.id

Ranking Webometrics 2011

Ranking Webometrics 2011

Ranking Webometrics Unikom Januari 2011

 
El Premio Nóbel para Tim Berners Lee
 
 
I.Pendahuluan
Sejak 2004, Peringkat Webometric ini diterbitkan dua kali setahun (Januari dan Juli), oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC). CSIC merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Mencakup lebih dari 18.000 Institusi Pendidikan Tinggi di seluruh dunia. Kehadiran webometric yang dapat  mengukur aktivitas dan visibilitas dari institusi serta  merupakan indikator yang baik yang berdampak pada prestise Universitas. Pemeringkatan merangkum kinerja global Universitas, memberikan informasi bagi calon mahasiswa dan cendekiawan, dan  mencerminkan komitmen untuk penyebaran pengetahuan ilmiah.
 
Webometric adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi melalui Websitenya. Sebagai alat ukur (Webomatric) sudah mendapat pengakuan dunia termasuk di Indonesia. Peringkat Webometric dapat diakses dengan cara mudah, dan terbuka, ada di http://www.webometrics.info/
 
Webometric bukanlah tujuan akhir, namun webometric yang merupakaan pemetaan dari kekuatan perguruan tinggi di bidang Social Networking baik internal sekaligus ekternal. Apapun tujuan webomteric sangatlah kita hargai untuk memacu perguruan tinggi memacu partisipasinya ke masyarakat luas, salah satunya dari publikasi penelitian.
Pengukuran Webometric hanya menekankan pada publikasi secara elektronik melalui Website, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Adapun kriteria yang digunakan untuk mengukur peringkat Webometric adalah Size, Visibility, Rich file, dan Scholar. Penjabarannya adalah sebagai berikut :
  1. Size (S) atau Ukuran Website, yaitu jumlah halaman yang terindek oleh empat mesin pencarian utama yaitu :  Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.
  2. Visibility (V) atau Ketertampakan Website, yaitu: jumlah keseluruhan  tautan ekternal yang unik  dan terdeteksi oleh  Google search, Yahoo Search, Live Search and Exalead.
  3. Rich Files (R) atau Banyaknya Dokumen, yaitu: banyaknya file yang terdeteksi, khususnya file yang memiliki tingkat relevansi terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, dalam bentuk: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt).
  4. Scholar (Sc) atau Kepakaran, yaitu: paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google  Scholar. 
 
Metode perhitungan nilai webometric adalah menggunakan rumus:
University Score=  (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)
 
Dalam meranking, webometic melibatkan beberapa search engine antara lain: Google, Yahoo Search, Live Search dan Exalead.
 
Tabel 1.  Kriteria Penialain World Class University menurut Webometric
 
No.
Kriteria
Definisi
Bobot (%)
1
Size (Ukuran)
Jumlah halaman referensi tentang universitas  dan sivitas akademiknya yang dapat didapatkan melalui mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead
20
2.
Visibility (Ketertampakan)
Jumlah link ekternal yang berkaitan dengan universitas dan seluruh sivitas akademiknya yang dapat diakses melalui mesin pencari di atas.
Visibility bukan berarti hit, tapi jumlah total link yang dibuat oleh situs lain yang menunjuk ke sebuah situs di Unikom.
50
3.
Rich Files (Dokumen)
Ketersediaan dokumen-dokumen dari artikel akademik suatu universitas yang dapat diekstrak dari internet, baik dalam format: Word Document (.doc); Adobe Acrobat (.pdf);  Microsoft Power Point (.ppt) maupun Adobe Postcript (.ps).
15
4.
Scholar (Pakar)
Paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google  Scholar.
15
Total
100
 
 
 
II.POSISI UNIKOM SAAT INI
Menurut hasil laporan dari Webometric Januari 2011, dari 20000 perguruan tinggi diseluruh dunia yang telah tercatat di Webometric, Unikom telah masuk kedalam kelompok 2000 yaitu pada posisi 1382, sedangkan pada  bulan juli 2010 Unikom masih berada diposisi 5741 perguruan tinggi terbaik dunia yang masuk webometric, ini artinya peringkat unikom naik dan dapat menggeser 4359 perguruan tinggi lainnya diseluruh dunia dalam waktu hanya 6 bulan saja.
 
 
Informasi lengkap dapat dibaca di
 
Tabel World Rangking Top 2000 Universitas Bulan Januari 2011
 
 

Laporan Webmetric bulan Januari 2011 untuk peringkat Universitas di Indonesia, dari sekitar + 3000 Perguruan Tinggi yang terdaftar di Dikti,  Unikom ada di urutan 17 dari 143 perguruan tinggi yang masuk daftar rangking webometrics.
Sedangkan yang paling membanggakan dan membahagian Kami adalah Unikom bisa masuk pada urutan 22 Dunia pada penilaian SCHOLAR dari sebelumnya yang berada di posisi 9063 ini berarti bisa menggeser rangking sebesar 9041 Point.
 
Selain itu juga, pada laporan webometrics bulan Januari 2011, Unikom sudah masuk  TOP 100 Asia Tenggara pada urutan ke 49, info lengkap dapat diakses di http://www.webometrics.info/top100_continent.asp?cont=SE_Asia
 
 
III. Menaikan Rangking Webometric
Beberapa langkah yang dapat  dilakukan oleh Civitas akademika Unikom, Mahasiswa, Dosen dan karyawan untuk meningkatkan Rangking Webometric ini diantaranya adalah:
  1. Hasil-hasil penelitian dan karya ilmiah di Onlinekan di Internet
  2. Permudah orang lain untuk mendapatkan informasi dari Unikom
  3. Publish or Perish, Nampaknya sekarang sudah bukan zamannya lagi untuk menyembunyikan informasi yang kita punya. Semakin terpublikasikan, justru kita akan semakin berkembang. Semakin disembunyikan (karena berpikir jangan sampai orang lain tahu) maka akan semakin tenggelam.
  4. Pentingnya di-link orang / situs lain. Mau tidak mau, ini harus dengan jalan adanya konten yang bermutu, lalu bisa juga dengan keharusan pada segenap unsur sivitas akademika yang punya blog atau situs untuk me-link ke situs lembaga.
  5. Update selalu website jurusan-jurusan, dan website lainnya, dengan informasi terbaru
  6. Selalu mencantumkan “Unikom”  dan alamat website http://www.unikom.ac.id dalam setiap tulisan yang di Upload.
  7. Buat tulisan ataupun artikel-artikel yang banyak diperlukan oleh orang lain, misalnya membuat manual, tutorial, ataupun hal-hal lainnya yang penting untuk diketahui oleh orang lain
 
Penilaian Webometric ini dilaksanakan setahun 2 kali dan diumumkan pada setiap bulan Januari dan Bulan Juli, untuk itulah kami dari Unikom Center mengajak semua civitas akademika untuk bersama memajukan unikom dengan cara menuliskan ilmu-ilmu ataupun tulisan-tulisan lainnya  melalui blog ataupun melalui fasilitas lainnya yang telah disediakan di unikom.
 
Demikian informasi mengenai Webometric ini saya sampaikan, semoga dibulan Juli 2011 nanti Unikom akan lebih baik lagi.
 
Trimakasih untuk semua yang telah berpartisipasi diantaranya adalah Team Lab. Kom dengan dukungan infrastruktur jaringan dan internet, Team Perpustakaan Unikom seluruh dosen, mahasiswa dan karyawan yang aktif di kuliahonline, kampus online dan di blog unikom, seluruh mahasiswa yang telah memiliki website pribadi dan membuat link ke unikom,  semoga kontribusi yang telah anda berikan akan terus memajukan dan menaikan peringkat unikom di webometrics dunia
 
Salam saya,
 
Taryana Suryana, M.Kom
Direktorat ICT&Multimedia Unikom
 
 
Pustaka:
http://www.unikomcenter.com/
http://infokom.umm.ac.id Workshop Pelatihan Website,  Ir. Suyatno, M.Si, UMM
http://tomita.web.id/?p=87, Apa itu WEBOMETRIC
Oleh :Taryana Suryana dipublish oleh amarullzSumber :unikom.ac.id pada Kamis, 10 Februari 2011 - 21:09 WIBFormat Lain :Print FriendlyPDFTag :webometrics, rangking, unikom, 2011
Like This :
 
Kampus
UNIKOM Kegiatan Jalan Sehat Bersama KEMENRISTEKDIKTI

UNIKOM Kegiatan Jalan Sehat Bersama KEMENRISTEKDIKTI

6 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia” merupakan tema dari kegiatan “Jalan Sehat Bersama Kemenristekdikti” yang digelar di Kawasan Car Free Day Dago Bandung dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional..

 
Berita Terbaru
Pencak Silat Unikom Borong Medali Di Kejuaraan Tanding Dan Festival Terbuka Jawa Barat 2018

Pencak Silat Unikom Borong Medali Di Kejuaraan Tanding Dan Festival Terbuka Jawa Barat 2018

6 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Unikom mendelegasikan atlet terbaiknya untuk berlaga di Kejuaraan Pencak Silat Tanding dan Festival Terbuka Jawa Barat 2018 yang berlangsung selama lima hari, sejak 29 April-3 Mei 2018 lalu. Bertempat di Gor Trilomba Juang Kota Bandung,..

 
 
 
ATASPortal Berita UNIKOM © 2010 Universitas Komputer Indonesia
Unikom Website · Fans Page · Repository · Blog · Kampus · Kuliah Online · Nilai Online · valid XHTML™ · valid CSS