Portal Berita UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia, pusat pendidikan unggulan berbasis teknologi informasi

RSS/Feeds
HOME KAMPUS NASIONAL TEKNOLOGI ARSIP VIDEO GALERI FOTO REDAKSI LOGIN
Berita Terkait
Tidak terdapat berita terkait
Kategori Berita Lainnya
Kamis, 12 Juni 2014 - 10:51 WIB
Home / Berita / Nasional / sumber: unikom.ac.id

Siapa Bakal Menjadi "Universitas Terpintar" 2014?

Siapa Bakal Menjadi "Universitas Terpintar" 2014?
 
PT Telekomunikasi Indonesia kembali menggelar  Telkom Smart Campus Award (TeSCA)- The ICT’s Smartests Campus 2014. Program TeSCA yang berlangsung sejak tahun 2008 ini dari tahun ke tahun telah mengalami penyempurnaan hingga pada TeSCA 2012 pemeringkatan dikembangkan lebih lengkap berdasarkan kategori perguruan tinggi, kapasitas dan wilayah operasional perguruan tinggi tersebut.

Tahun ini, TeSCA 2014 akan memperluas wilayah pengukuran untuk kampus-kampus di wilayah ASEAN.  Pada tahap awal, akan dilakukan pengukuran kampus di beberapa negara di ASEAN yang nantinya akan dijadikan sebagai benchmark untuk pelaksanaan ICT di kampus-kampus domestik.

Proses pendaftaran TeSCA sudah dimulai sejak 15 Februari dan akan berakhir pada 18 April 2014. Dan tahap penjuriannya akan berlangsung pada 14-15 Mei 2014. Ada tiga juri yang akan menentukan kampus mana yang menjadi juara, diantaranya Prof. Ir. Nizam, MSc., Ph.D (Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi, Kemdikbud), Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit (Ketua Umum Aptikom), dan Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D (Wakil Ketua Detiknas).

Dalam kurun lima tahun, perkembangan jumlah partisipasi perguruan tinggi dalam program TeSCA mengalami peningkatan mulai dari tahun 2008 yang baru diikuti oleh 75 kampus. Tahun 2013, TeSCA telah mengukur 551 perguruan tinggi yang terdiri dari 59 perguruan tinggi negeri  dan 492 perguruan tinggi swasta, serta meliputi semua jenis perguruan tinggi negeri, yaitu akademi  (99 kampus), Institusi (29 kampus), politeknik (45 Kampus), sekolah tinggi  (201 kampus) dan Universitas (177 kampus) yang tersebar di 26 propinsi.

Tahun 2011,  perguruan tinggi yang berhasil menyabet peringkat tiga besar kategori tingkat nasional adalah Universitas Indonesia (UI) di peringkat satu, Universitas Gunadarma di peringkat kedua dan Universitas Bina Nusantara di peringkat ketiga.

Dalam pemeringkatan ini, banyak perguruan tinggi yang naik drastis dan begitu pula sebelumnya. Contohnya, peringkat TeSCA 2012 Universitas Bina Nusantara (Binus() berada di peringkat tiga, namun pada TeSCA 2013, Binus harus puas berada di peringkat ke-7 dan begitu juga UGM yang tahun 2012 berada di peringkat 4, terlempar posisinya di peringkat sembilan pada 2013. 

Sebaliknya kenaikan peringkat yang signifikan terlihat dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) mampu menduduki peringkat 10 dari sebelumnya di peringkat 20. Demikian juga dengan Universitas Padjajaran yang mampu masuk 10 besar di peringkat empat dari sebelumnya di peringkat 13 pada tahun 2012. 

Tahun 2013 lalu, Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma masing-masing di peringkat satu dan dua. Kedua universitas tersebut mampu bertahan selama tiga tahun berturut-turut di posisi tersebut. Lalu bagaimana dengan tahun 2014, siapa yang bakal menyandang "Universitas Terpintar" ?   
 
*Tunggu Nanti Hari Selasa 17 Juni 2014 Malam
 
 
Sumber:
http://tescaindonesia.org/content/news/who-will-be-the-smartest-university-in-2014/read
Oleh :Taryana Suryana dipublish oleh Taryana SuryanaSumber :unikom.ac.id pada Kamis, 12 Juni 2014 - 10:51 WIBFormat Lain :Print FriendlyPDFLike This :
 
Nasional

Minggu, 18 Juni 2017 - 10:06 WIB · KORANBOGOR.com,BANDUNG-Perhelatan LIMA Badminton Nationals 2017 untuk kategori perseorangan telah sampai di perebutan juara untuk nomor ganda campuran. Perhelatan puncak ini berlangsung di GOR Tri Lomba Juang, Bandung, pada Selasa (23/5/2017). Dua ganda campuran Unikom saling berhadapan dalam..

 
Berita Terbaru
Pelatihan Open Journal System Prodi Sastra Inggris Unikom

Pelatihan Open Journal System Prodi Sastra Inggris Unikom

Minggu, 18 Juni 2017 - 10:41 WIB · APA ITU OJS ? Open Journal Systems (OJS) adalah sistem manajemen dan penerbitan jurnal yang telah dikembangkan oleh Public Knowledge Project melalui upaya-upaya yang didanai pemerintah federal untuk memperluas dan memperbaiki akses terhadap penelitian.   OJS adalah perangkat lunak open..

 
 
 
ATASPortal Berita UNIKOM © 2010 Universitas Komputer Indonesia
Unikom Website · Fans Page · Repository · Blog · Kampus · Kuliah Online · Nilai Online · valid XHTML™ · valid CSS