Portal Berita UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia, pusat pendidikan unggulan berbasis teknologi informasi

RSS/Feeds
HOME KAMPUS NASIONAL TEKNOLOGI ARSIP VIDEO GALERI FOTO REDAKSI LOGIN
Foto Terkait
Utamakan Kesehatan dan Keselamatan dalam Bekerja

HMTI UNIKOM: Utamakan Kesehatan dan Keselamatan dalam Bekerja

Jumat, 03 November 2017 - 10:39 WIB · Strategi Membudayakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk Meningkatkan Kualitas Pembangunan Nasional” menjadi tema Seminar Nasional K3 yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Unikom. Seminar yang berlangsung pada Selasa (31/10) pukul 10.00 WIB di Auditorium Miracle..

 
‘BIG EVENT’ DKV UNIKOM: INDONESIA PUNYA KOMIK

INDONESIA PUNYA KOMIK (IPK)

Kamis, 26 Oktober 2017 - 16:20 WIB ·

 
Berita Terkait
Unikom Turut Ramaikan Pameran Indonesia International Education & Training Expo 2018

Unikom Turut Ramaikan Pameran Indonesia International Education & Training Expo 2018

Kamis, 01 Maret 2018 - 21:02 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) turut berpartisipasi dalam pameran 27th Indonesia International Education & Training Expo (IIETE)2018 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A dan B, Senayan, Jakarta pada 22-25 Februari 2018. Sebanyak ± 120 peserta..

 
c

c

Jumat, 02 Februari 2018 - 20:11 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Direktur Internasional Program dan Beasiswa Unggulan, Dr. Inta Budi Setya Nusa, SE.,M.Ak, mempimpin pertemuan antara Unikom dengan Dong A University Korea Selatan, yang diwakili oleh Mr. Jearkeom (Direktur Internasional Program Dong A University) dan Mrs. Raina (International..

 
PRODI IF UNIKOM: Kenalkan ‘INTERNET’ Di Kalangan Tenaga Pendidikan PAUD

PRODI IF UNIKOM: Kenalkan ‘INTERNET’ Di Kalangan Tenaga Pendidikan PAUD

Jumat, 26 Januari 2018 - 16:41 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Laboratorium Multimedia (R. 6.009) Smart Building Unikom, Program Studi Teknik Informatika (IF) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran III di Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Cibeunying..

 
HMTI UNIKOM: Utamakan Kesehatan dan Keselamatan dalam Bekerja

HMTI UNIKOM: Utamakan Kesehatan dan Keselamatan dalam Bekerja

Jumat, 03 November 2017 - 10:33 WIB · BANDUNG, UNIKOM- “Strategi Membudayakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk Meningkatkan Kualitas Pembangunan Nasional” menjadi tema Seminar Nasional K3 yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Unikom. Seminar yang berlangsung pada Selasa (31/10) pukul 10.00 WIB..

 
‘Big Event’ DKV UNIKOM: Indonesia Punya Komik (IPK)

‘Big Event’ DKV UNIKOM: Indonesia Punya Komik (IPK)

Kamis, 26 Oktober 2017 - 15:58 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Hima DKV) Unikom berkolaborasi dengan Komunitas DKV Unikom yakni Rolltime (Bidang Videografi), Titik Fokus (Bidang Fotografi), dan Funco (Bidang Komik), mengadakan kegiatan bertajuk ‘Big Event’ dengan mengusung tema..

 
Kategori Berita Lainnya
Rabu, 14 November 2012 - 11:22 WIB
Home / Berita / Kampus / sumber: unikom.ac.id

Standar Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Standar Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Provinsi Jawa Barat, yang beralamat di Jl.Tamansari No 55 Bandung, mengadakan acara sosialasi mengenai Standar Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, pada:
  • Tanggal : 12-13 November 2012
  • Hari       : Senin-Selasa
  • Jam        :09.00- Selesai
  • Tampat  : Gedung DISKOMINFO
  • Alamat   : Jl. Taman Sari No. 55 Bandung
 
Undangan para praktisi, dosen, mahasiswa dan dari perusahaan yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
 
 
Dalam acara ini disampaikan informasi mengenai persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh Perguruan Tinggi untuk menyiapkan para mahasiswa supaya memiliki standar kompetensi dalam bidang Teknologi Informasi.
 
 
 
Lulusan perguruan tinggi harus memiliki sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan oleh lembaga standar kompetensi nasional maupun internasional
 
Berikut adalah beberapa Lembaga yang Melakukan Sertifikasi di Bidang IT:
Sertifikasi profesional pada dasarnya memiliki 3 model, yaitu :
  • Dikembangkan oleh Profesional Society, sebagai contoh British Computer Society (BCS), Australian Computer Soicety (ACS), South East Asian Regional Computer Confederation (SEARCC) etc
  • Dikeluarkan oleh Komunitas suatu profesi, sebagai contoh Linux Profesional, SAGE (System Administration Guild), CISA(IS Auditing) [http://www.isaca.org/]
  • Dikeluarkan oleh vendor sebagai contoh MCSE (by Microsoft), CCNA (Cisco), CNE (Netware), RHCE (Red Hat) etc. Biasanya skill yang dibutuhkan untuk memperoleh sertifikat ini sangat spesifik dan sangat berorientasi pada suatu produk dari vendor tersebut.
 
Lembaga yang Melakukan Sertifikasi di Indonesia, yaitu
 
  • LSP Telematika dibentuk oleh pemerintah dan setelah terbentuk harus dilaksanakan oleh komunitas Telematika dan bersifat independen. Bertugas menyelenggarakan standarisasi kompetensi kerja, menyiapkan materi uji serta mengakreditasi unit-unit Tempat Uji Kompetensi dan menerbitkan Sertifikasi Kompetensi bidang Telematika. Keuntungan Sertifikasi di LSP-Telematika adalah LSP Telematika merupakan lembaga yang bersifat independen dan profesional dalam menyelenggarakan standarisasi, uji kompetensi dan sertifikasi bagi para profesional di bidang telematika. Dalam perkembangannya, LSP Telematika menjadi rujukan profesionalisme bagi industri telematika di dalam dan luar negeri. Sertifikat yang dikeluarkan LSP Telematika merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah melakukan uji kompetensi. 
  • Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Indonesia (LSP TIK) didirikan pada tanggal 1 Mei 2007, dengan tujuan untuk memenuhi tersedianya pengakuan tenaga yang kompeten di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi. Perkembangan teknologi informasi yang cepat dan dengan adanya kebutuhan tenaga kerja profesional maka dibutuhkan pengakuan kompetensi para tenaga profesional baik nasional ataupun internasional. Pengakuan tersebut bisa diperoleh jika telah dinyatakan kompeten dalam bidang informasi dan komunikasi oleh sebuah lembaga yang mendapatkan lisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). LSP TIK merupakan lembaga yang telah memiliki lisensi dari BNSP (Keputusan Badan Nasional Sertifikasi Profesi nomor 19/BNSP/VII/2007) untuk melakukan proses pembuktian bahwa seorang tenaga yang profesional benar-benar kompeten dalam bidang kompetensinya. Sehingga tenaga professional tersebut mendapatkan pengakuan Kompetensi profesi yang dimilikinya baik secara Nasional ataupun Internasional. Pembuktian kompetensi yang dilakukan oleh LSP TIK berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang merupakan rumusan kemampuan profesi seseorang yang mencakup seluruh aspek yang diperlukan untuk menentukan kompetensi seseorang, misalnya pengetahuan, ketrampilan, keahlian, dan sikap. Seseorang yang sudah dinyatakan kompeten harus memberi laporan kepada LSP TIK minimal satu tahun satu kali, sehingga kompetensi pada profesionalismenya tetap tercatat dan diakui oleh LSP TIK maupun BNSP.  
 
Link Terkait:
Oleh :Taryana Suryana dipublish oleh Taryana SuryanaSumber :unikom.ac.id pada Rabu, 14 November 2012 - 11:22 WIBFormat Lain :Print FriendlyPDFTag :snki, kompetensi, tenaga, kerja, indonesia
Like This :
 
Kampus
UNIKOM Kegiatan Jalan Sehat Bersama KEMENRISTEKDIKTI

UNIKOM Kegiatan Jalan Sehat Bersama KEMENRISTEKDIKTI

Senin, 14 Mei 2018 - 07:54 WIB · BANDUNG, UNIKOM- “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia” merupakan tema dari kegiatan “Jalan Sehat Bersama Kemenristekdikti” yang digelar di Kawasan Car Free Day Dago Bandung dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional..

 
Berita Terbaru
 "Ngabuburit" Berkualitas Ala Hipma Unikom

"Ngabuburit" Berkualitas Ala Hipma Unikom

Sabtu, 02 Juni 2018 - 10:30 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Rangkaian kegiatan “Field Trip UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)” yang digagas Divisi Kewirausahaan Himpunan Pengusaha Mahasiswa (HIPMA) Unikom, memasuki babak selanjutnya dan dikemas melalui gelaran “Berkah Ngabuburit Diskusi Hasil Riset UMKM”, Sabtu..

 
 
 
ATASPortal Berita UNIKOM © 2010 Universitas Komputer Indonesia
Unikom Website · Fans Page · Repository · Blog · Kampus · Kuliah Online · Nilai Online · valid XHTML™ · valid CSS