Portal Berita UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia, pusat pendidikan unggulan berbasis teknologi informasi

RSS/Feeds
HOME KAMPUS NASIONAL TEKNOLOGI ARSIP VIDEO GALERI FOTO REDAKSI LOGIN
Foto Terkait
INASGOC Ajak Mahasiswa UNIKOM Jadi Bagian “Program Legacy Broadcast ASIAN GAMES 2018”

INASGOC Ajak Mahasiswa UNIKOM Jadi Bagian “Program Legacy Broadcast ASIAN GAMES 2018”

Sabtu, 16 Desember 2017 - 05:45 WIB · Satu dari sepuluh kampus di Indonesia, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berkesempatan dikunjungi oleh Tim Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) dalam rangka “Broadcast Inasgoc Goes To Campus”. Bertempat di Auditorium Miracle Unikom, kegiatan yang digelar pada..

 
SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan

UNIKOM Sambut Kunjungan SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan

Senin, 04 Desember 2017 - 18:52 WIB · BANDUNG, UNIKOM- SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan melakukan kunjungan ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dalam rangka ‘Bimbingan Teknis Literasi’ yang ditujukan bagi ± 30 siswa/I tingkat XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Tahun Ajaran 2017/2018. Kunjungan yang..

 
Berita Terkait
Ciptakan Atmosfer Kekompakan Melalui Kegiatan  ‘MAKRAB PSM UNIKOM 2018’

Ciptakan Atmosfer Kekompakan Melalui Kegiatan ‘MAKRAB PSM UNIKOM 2018’

5 Jam yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- Membangun kedekatan dan menciptakan rasa kekeluargaan antara senior dan junior dalam sebuah organisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan ‘Makrab’ atau ‘Malam Keakraban’ yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)..

 
Bangun Kader Inovatif  dan Berjiwa Sosial melalui  ‘PENGKADERAN PENGUSAHA MAHASISWA UNIKOM (P2MU)’

Bangun Kader Inovatif dan Berjiwa Sosial melalui ‘PENGKADERAN PENGUSAHA MAHASISWA UNIKOM (P2MU)’

Kemarin Jam 10:54 WIB · BANDUNG, UNIKOM- “Menciptakan Generasi Pengusaha Inovatif dan Kepemimpinan Berjiwa Sosial” adalah tema yang dipilih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Pengusaha Mahasiswa (HIPMA) Unikom dalam rangka Pengkaderan Pengusaha Mahasiswa Unikom (P2MU). Kegiatan yang digelar di Aula Villa..

 
Kolaborasi Hima Teknik Komputer Dan Hima Ilmu Pemerintahan Unikom Wujudkan Kepedulian Sosial

Kolaborasi Hima Teknik Komputer Dan Hima Ilmu Pemerintahan Unikom Wujudkan Kepedulian Sosial

Selasa, 02 Januari 2018 - 22:10 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Bakti sosial merupakan suatu kegiatan yang diwujudkan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat khususnya yang kurang mampu, serta momentum untuk menjalin silaturahim antar sesama. Hal itulah yang melatarbelakangi Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer..

 
KPM UNIKOM: Nahkoda Baru Harapan Bertumpu

KPM UNIKOM: Nahkoda Baru Harapan Bertumpu

Jumat, 29 Desember 2017 - 21:20 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Usai melalui serangkaian tahapan, mulai dari proses seleksi hingga pelantikan pada Juli 2017 lalu, Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom resmi melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) pada Sabtu (23/12) di Ruang L.018 Smart Building Unikom. Sertijab yang dimulai pukul 09.00..

 
Beasiswa BNI Bagi Mahasiswa Berprestasi Unikom

Beasiswa BNI Bagi Mahasiswa Berprestasi Unikom

Jumat, 22 Desember 2017 - 08:41 WIB · BANDUNG, UNIKOM- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang diwakili oleh Ibu Veny Cieta Frianti selaku Pemimpin BNI KCP Unikom, menyerahkan Beasiswa BNI secara simbolis kepada Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, MT, pada Jumat (15/12). Penyerahan beasiswa yang..

 
Kategori Berita Lainnya
Jumat, 04 November 2011 - 10:02 WIB
Home / Berita / Kampus / sumber: unikom.ac.id

UNIKOM RAIH EMAS & MERIT AWARD INDONESIA ICT AWARD 2011

UNIKOM RAIH EMAS & MERIT AWARD INDONESIA ICT AWARD 2011
 

 

UNIKOM RAIH EMAS & MERIT AWARD INDONESIA ICT AWARD 2011

 
  12 Oktober 2011  
     
 
img01   img02
 
     
  Pesta digital insan kreatif terbesar di tanah air kembali digelar oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Indonesia (KOMINFO) melalui ajang lomba Indonesia ICT Award 2011 (INAICTA 2011) yang berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC) dari tanggal 4-5 Oktober 2011.

Pada acara ini digelar pameran karya kreatif digital terbesar di tanah air atau INDONESIA DIGITAL EXPO dengan  memamerkan 110 karya terbaik anak bangsa di hadapan khalayak TIK dan khalayak umum secara terbuka.  Setelah melalui proses yang panjang dan cukup mendebarkan  baik dari aspek Panitia yang harus mempersiapkan ajang lomba kreatif TIK (Kreatif Digital) ini terselenggara dengan baik dan lancar ataupun  dari sisi peserta yang harus mempersiapkan karya karya terbaiknya untuk dapat diikutsertakan dalam lomba ini. Kurang lebih 8 bulan perjalanan Indonesia ICT Award – INAICTA dilalui mulai dari serangkaian kegiatan antara lain :
 
     
 
- Peluncuran acara lomba
- Roadshow menjaring Peserta/ karya ke beberapa kota di Indonesia baik ke sekolah sekolah, kampus kampus maupun ke komunitas komunitas kreator TIK di kota yang di kunjungi.
- CEO Breakfast Meeting, untuk mendengar masukan-masukan dari kalangan Industri format kegiatan yang bisa mengakomodir kepentingan Industri TIK sehingga Karya yang dihasilkan bisa diserap di Industri TIK tanah air maupun Global.
- Penjurian Tahap 1 menyeleksi proposal karya-karya TIK yang sudah dikirimkan secara online, kemudian dipilih 8 besar dari masing masing kategori karya mana yang layak untuk mengikuti penjurian tahap II.
- Penjurian tahap II digelar pada tanggal 22 & 23 September 2011, pada kesempatan ini peserta lomba diundang untuk mempresentasikan karya-karya mereka di hadapan dewan Juri Inaicta 2011 untuk dipilih masing masing 5 karya terbaik di tiap kategorinya.
- Business Matchmaching Program, kreator - kreator yang lolos sebagai nominator akan di fasilitasi untuk di berikan pelatihan bisnis dan dipertemukan dengan calon investor.
- Acara Puncak 4-5 Oktober 2011
 
     
  KONFERENSI dengan pembicara dari kalangan pemerintah selaku regulator antara lain Menko Perekonomian, Menko Kesra, Menkominfo dan Menteri Perdagangandari kalangan Industri TIK, dari kalangan Akademisi dan tentunya dari kalangan Kreator TIK lokal yang sudah teruji kesuksesannya serta pembicarakelas dunia Ian Livingstone (kreator Tom Raider),

Untuk WORKSHOP, meliputi Membuat Animasi dengan Blender, Membuat Game bersama Square Enix (Publisher Game Final Fantasy) serta workshop E-comerce bersama Blibli.com.

Jumlah total  pendaftar sebanyak 1.765 pendaftar dengan rincian Profesional Individu sebanyak 393, Profesional Kelompok sebanyak 212, Profesional Perusahaan/ Lembaga sebanyak 216, Pelajar Individu sebanyak 421 dan Pelajar Kelompok sebanyak 523. Jumlah kategori yang di lombakan sebanyak 28 kategori, terdiri dari 16 kategori professional dan 12 kategori pelajar. Dari sejumlah pendaftar sebanyak tersebut diatas yang mengirimkan proposal/ karya dan berhak untuk di jurikan sebanyak 758  karya. Ditambah peserta kompetisi Robotika sebanyak lebih dari 200 peserta.

Pada puncak acara INAICTA 2011, tanggal 4-5 Oktober 2011 bertempat di Jakarta Convention Centre/ JCC selain diumumkan pemenang lomba, juga digelar pameran karya kreatif digital terbesar di tanah air yakni Indonesia Digital Expo.

Semua rangkaian kegiatan tersebut  ditutup dengan kegiatan MALAM ANUGERAH INAICTA 2011 bertempat di JCC. Di sinilah para peserta yang menang bersuka cita mendapatkan penghargaan INAICTA 2011 dari Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring.

Dalam INAICTA 2011 ini UNIKOM meraih  2 penghargaan, yaitu Medali Emas dalam lomba Applicative Robot dan Merit Award dalam lomba University/Academy Application.

Pada kategori University/Academy Application, UNIKOM diwakili oleh Hendri Karisma dari Program Studi Teknik Informatika yang membuat karya Mouse Hand Tracking Applications, Kontrol Pointer Mouse dengan Interaksi Alami Gerak Tangan dan mendapatkan penghargaan Merit Award dari INAICTA 2011. Atas kemenangannya ini Hendri Karisma akan mewakili Indonesia pada Asia Pasific ICT Award 2011 (APICTA 2011) yang akan berlangsung di Thailand.

Sedangkan dalam kategori Applicative Robot, UNIKOM diwakili oleh tim robotika yang beranggotakan Didit Andri Jatmiko, Asrul Rizal AP, dan Ali Mubarokah. Mereka membuat Robot DRU11SAR yang dirakit untuk memenuhi kriteria Robot for Helping People from Natural Disaster, dan mendapatkan Gold Award. Robot ini dirancang untuk dapat mengirimkan gambar atau video kondisi lingkungan  pasca terjadinya bencana alam serta memungkinkan terjadinya komunikasi 2 arah berkat 2 kamera yang salah satunya dapat berputar 360 derajat. Hal ini akan sangat membantu untuk dapat menyelamatkan banyak orang yang tertimpa puing reruntuhan karena kemampuannya untuk mendeteksi korban yang tertimbun serta memindahkan puing-puing  reruntuhan tersebut dengan ’tangannya’. Selain itu, robot ini pun dapat mendeteksi kebocoran gas atau kebakaran dan memadamkannya. Peserta pada kategori robotic meningkat dari 70 peserta menjadi 219 peserta pada tahun 2011 ini. Atas kemenangannya ini tim robotika UNIKOM akan mewakili Indonesia berkompetisi diajang Pra International Robot Olympiad (IRO) yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Bulan Desember mendatang.

Rektor UNIKOM memberikan penghargaan dan apresiasi atas kemenangan dan prestasi yang diraih para mahasiswa UNIKOM dalam ajang INAICTA 2011 ini.
 
   
Oleh :Taryana Suryana dipublish oleh Taryana SuryanaSumber :unikom.ac.id pada Jumat, 04 November 2011 - 10:02 WIBFormat Lain :Print FriendlyPDFTag :unikom, raih, emas, merit, award, indonesia, ict, award, 2011
Like This :
 
Kampus
Studi Banding UKKPK Universitas Negeri Padang Ke Unikom

Studi Banding UKKPK Universitas Negeri Padang Ke Unikom

Senin, 15 Januari 2018 - 16:04 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) semakin dikenal baik oleh khalayak luas atas keunggulan dan prestasi yang diraih di berbagai bidang. Tidak sedikit dari kalangan publik eskternal yang berkeinginan menjalin kerjasama ataupun menggali informasi tentang sepak terjang dan..

 
Berita Terbaru
Ciptakan Atmosfer Kekompakan Melalui Kegiatan  ‘MAKRAB PSM UNIKOM 2018’

Ciptakan Atmosfer Kekompakan Melalui Kegiatan ‘MAKRAB PSM UNIKOM 2018’

5 Jam yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- Membangun kedekatan dan menciptakan rasa kekeluargaan antara senior dan junior dalam sebuah organisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan ‘Makrab’ atau ‘Malam Keakraban’ yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)..

 
 
 
ATASPortal Berita UNIKOM © 2010 Universitas Komputer Indonesia
Unikom Website · Fans Page · Repository · Blog · Kampus · Kuliah Online · Nilai Online · valid XHTML™ · valid CSS