Portal Berita UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia, pusat pendidikan unggulan berbasis teknologi informasi

RSS/Feeds
HOME KAMPUS NASIONAL TEKNOLOGI ARSIP VIDEO GALERI FOTO REDAKSI LOGIN
Foto Terkait
KPM UNIKOM Raih Prestasi di Ajang “PROTOCOL FAIR 2017”

KPM UNIKOM Raih Prestasi di Ajang “PROTOCOL FAIR 2017”

3 Hari yang lalu · Setelah melalui serangkaian kegiatan ‘Protocol Fair 2017’, tibalah acara puncak sekaligus acara penutup yang digelar pada Minggu (19/11). Beragendakan Lomba MC Keprotokolan dan LombaNews Presenter, kegiatan tersebut diikuti ± 100 pesertayakni perwakilanmahasiswa berbagai..

 
Kpm Unikom: Tingkatkan Pemahaman Dan Aturan Keprotokolan Melalui ‘Protocol Fair 2017’

KPM Unikom: Tingkatkan Pemahaman Dan Aturan Keprotokolan Melalui ‘Protocol Fair 2017’

3 Hari yang lalu · Memasuki hari kedua pelaksanaan ‘Protocol Fair 2017’, Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai pihak penyelenggara, mengadakan ‘Seminar Keprotokolan’ bertajuk ‘Sosialisasi Aturan Keprotokolan di Tingkat Universitas dan Negara’.

 
Berita Terkait
KPM UNIKOM Raih Prestasi di Ajang “PROTOCOL FAIR 2017”

KPM UNIKOM Raih Prestasi di Ajang “PROTOCOL FAIR 2017”

3 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- Setelah melalui serangkaian kegiatan ‘Protocol Fair 2017’, tibalah acara puncak sekaligus acara penutup yang digelar pada Minggu (19/11). Beragendakan Lomba MC Keprotokolan dan Lomba News Presenter, kegiatan tersebut diikuti ± 100 peserta yakni perwakilan..

 
KPM Unikom: Tingkatkan Pemahaman Dan Aturan Keprotokolan Melalui ‘Protocol Fair 2017’

KPM Unikom: Tingkatkan Pemahaman Dan Aturan Keprotokolan Melalui ‘Protocol Fair 2017’

3 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM-Memasuki hari kedua pelaksanaan ‘Protocol Fair 2017’, Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai pihak penyelenggara, mengadakan ‘Seminar Keprotokolan’ bertajuk ‘Sosialisasi Aturan Keprotokolan di Tingkat Universitas dan..

 
Sdm Divisi Ivisi Animasi Dan Multimedia Unikom Telah Bersertifikasi Profesi Sebagai Animator 3d

Sdm Divisi Ivisi Animasi Dan Multimedia Unikom Telah Bersertifikasi Profesi Sebagai Animator 3d

Jumat, 17 November 2017 - 07:59 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Divisi Animasi Unikom berpartisipasi pada Sertifikasi Profesi Animator 3D yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif, LSP Animedia yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Cimahi pada tanggal 11 – 12 November 2017 bertempat di Gedung Cimahi Technopark.   Acara..

 
Seminar Nasional SAINTIKS 2017

Seminar Nasional SAINTIKS 2017

Jumat, 17 November 2017 - 07:48 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Kamis, 9 November 2017 Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom menggelar Seminar Nasional Teknik, Komputer, dan Rekaya (SAINTIKS) 2017 dengan mengusung tema “Inovasi IPTEK dalam Pengembangan Infrastruktur, ICT, dan Kesejahteraan Masyarakat”, yang bertempat di..

 
Divisi Animasi Unikom Menjadi Inspirator di Bidang Kompetisi Animasi

Divisi Animasi Unikom Menjadi Inspirator di Bidang Kompetisi Animasi

Senin, 13 November 2017 - 12:08 WIB · BANDUNG, UNIKOM-Divisi Animasi Unikom yang diketuai oleh Robby UL Pratama,menjadi pembicara di ajang Animasi Cikini (Animakini) 2017bertempat di Pusat Kebudayaan Jerman Jakarta/Goethe Haus Jakarta, pada Jumat (10/11). Bersama anggotanya dari mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV),..

 
Kategori Berita Lainnya
Minggu, 04 Maret 2012 - 18:41 WIB
Home / Berita / Kampus / sumber: unikom.ac.id

UNIKOM Ranking 6 Top 100 Telkom Smart Campus Award 2011

UNIKOM Ranking 6 Top 100 Telkom Smart Campus Award 2011

Tesca tahun ini bukan saja mencari yang terbaik, tetapi juga mencari 100 kampus yang sudah memiliki tingkatan tertentu di dalam implementasi ICT.

Meningkatnya peran perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Indonesia tak lepas dari kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sudah merambah di semua bidang. Itu pula yang menjadi latar belakang penyelenggaraan Telkom Smart Campus (Tesca) yang sudah berlangsung sejak 2008. Menurut BudiSiswanto, Vice President Enterprise PT Telekomunikasi Indonesia, Tesca menjadi salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkom yang terukur, terarah, berkesinambungan dalam menciptakan dan menumbuhkan komunitas pengguna TIK di lingkungan perguruan tinggi.
Program itu pun sesuai program Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) dalam upaya memajukan pendidikan nasional untuk membangun Indonesia Higher Education Network (Inherent). “Ini termasuk dalam misi Telkom kepada bangsa, adalah bagaimana mendorong semua perguruan tinggi berlomba-lomba untuk mengimplementasikan ICT (Information and Communication Technology) yang setinggi-tingginya,” ujar Budi Siswanto. Ke depannya, implementasi ICT ini akan lebih bermanfaat ketika di-benchmark oleh pihak lain.
Menariknya, pada penyelenggaraan Tesca yang keempat kalinya pada 2011 ini, ada perubahan bentuk hasil penilaian. Tahun ini, akan menggunakan penilaian yang mengadopsi sistem penilaian seperti Malcom Baldrige. Simbol-simbol dalam penilaian Tesca itu bisa dipakai mengkampanyekan kampusnya kepada pihak lain, termasuk para calon mahasiswa. “Jadi, Tesca tahun ini bukan saja mencari yang terbaik, tetapi juga mencari 100 kampus yang sudah memiliki tingkatan tertentu di dalam implementasi ICT,” katanya.
Nah, bagi kampus-kampus yang ingin meningkatkan implementasi ICT-nya, akan mendapatkan petunjuk yang hasilnya berupa skor atau skala yang menunjukkan tingkat kemampuan implementasi. Dari situlah akan terlihat kemampuan setiap kampus dalam upayanya meningkatkan skor implementasi ICT-nya dengan meningkatkan aspek-aspek penilaian yang harus diperbaiki. Bahkan selama satu tahun setelah dihasilkan pemeringkatan, pihak Telkom akan terus memantau program-program yang ada di kampus-kampus dan akan dipublikasikan di sejumlah media massa. Dengan begitu, peran media pun akan ikut menentukan dalam menyoroti kemajuan implementasi ICT yang telah dicapai.
Jika terdapat 100 kampus berperingkat tertinggi, itu artinya akan ada perkembangan implementasi ICT oleh 100 kampus yang akan diulas di media massa. Dengan begitu, akan memberikan motivasi kepada setiap kampus untuk terus meningkatkan implementasi ICT-nya. Bahkan bukan tidak mungkin jika ada kampus yang turun peringkatnya karena tak menunjukkan kemampuan dalam upaya meningkatkan implementasi ICT-nya. Selain bisa meningkatkan peringkatnya pada tahun berikutnya, di sisi lain, hal itu akan memberikan kesempatan yang sama bagi kampus lain yang belum masuk 100 peringkat teratas untuk bisa menembusnya.
Budi menekankan, ada beberapa hal penting yang harus dirasakan manfaat dari penyelenggaraan Tesca. Mulai dari sejauh mana manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat terkait dengan implementasi ICT yang telah dilakukan oleh kampus tersebut. Mahasiswanya sendiri harus bisa merasakan manfaat lewat berbagai pelayanan kampus tersebut, termasuk soal administrasi, registrasi, dan semua kegiatan akademiknya. Demikian pula dengan manfaat yang harus dirasakan semua pihak selaku pemangku kepentingan di kampus tersebut untuk sistem keuangan, sistem logistik, sistem akademik, dan sistem lain yang dimilikinya.
Telkom tetap berkomitmen untuk mendorong setiap kampus untuk terus meningkatkan implementasi ICT-nya lebih tinggi lagi. Selain itu, logo ICT Tesca bisa dijadikan identifikasi bahwa kampus tersebut masuk dalam kategori berperingkat terbaik. Bahkan logo tersebut berhak digunakan oleh kampus yang bersangkutan dalam setiap aktivitasnya, termasuk dalam brosur mereka. Bahkan dengan mengikuti Tesca, setiap kampus akan merasakan banyak keuntungan, termasuk peningkatan citra kampusnya di mata masyarakat. “Menariknya lagi, kisah upaya apa saja yang mereka lakukan dalam meningkatkan implementasi ICT akan diterbitkan di media. Itu akan menjadi nilai tambah buat mereka,” ujar Budi.
“Bisa saja sebuah kampus memang memiliki dana terbatas, tapi jika memiliki kreativitas dengan effort yang tinggi, itu bisa menambah poin penilaian tersendiri. Dan itu akan menjadi benchmark bagi perguruan tinggi yang lain,” kata Budi Siswanto menambahkan. Apalagi Telkom juga ikut mengembangkan cloud computing yang akan menambahkan manfaat dan keuntungan dari implementasi ICT, sekaligus sebagai realisasi implementasi program Indigo Telkom.
 
Berikut Hasil lengkap Pemeringkatan Perguruan Tinggi yang masuk TOP 100

 

RANKING
JENIS
NAMA PERGURUAN TINGGI
TOTAL SCORE
1 Universitas Universitas Indonesia 4.871
2 Universitas Universitas Gunadarma 4.839
3 Universitas Universitas Bina Nusantara 4.473
4 Universitas Universitas Gadjah Mada 4.452
5 Institut Institut Teknologi Bandung 4.330
6 Universitas Universitas Komputer Indonesia 4.307
7 Universitas Universitas Pendidikan Indonesia 4.230
8 Institut Institut Pertanian Bogor 4.229
9 Politeknik Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 4.195
10 Universitas Universitas Brawijaya 4.167
11 Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer AMIKOM Yogyakarta 4.166
12 Institut Institut Teknologi Sepuluh Nopember 4.129
13 Universitas Universitas Padjadjaran 4.120
14 Universitas Universitas Diponegoro 4.096
15 Universitas Univesitas Sebelas Maret 4.071
16 Universitas Universitas Negeri Semarang 4.059
17 Universitas Universitas Airlangga 4.021
18 Universitas Universitas Dian Nuswantoro 4.011
19 Universitas Universitas Ahmad Dahlan 3.902
20 Universitas Universitas Kristen Duta Wacana 3.881
21 Universitas Universitas Jenderal Soedirman 3.879
22 Universitas Universitas Muhammadiyah Malang 3.862
23 Universitas Universitas Kristen Satya Wacana 3.849
24 Universitas Universitas Sriwijaya 3.840
25 Institut Institut Teknologi Telkom (IT TELKOM) 3.820
26 Universitas Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 3.812
27 Universitas Universitas Kristen Petra 3.791
28 Universitas Universitas Negeri Surabaya 3.775
29 Universitas Universitas Negeri Yogyakarta 3.689
30 Universitas Universitas Budi Luhur 3.678
31 Universitas Universitas Sumatera Utara 3.662
32 Universitas Universitas Atmajaya Yogyakarta 3.662
33 Universitas Universitas Negeri Malang 3.591
34 Universitas Universitas Islam Indonesia 3.553
35 Universitas UIN Sunan Kalijaga 3.545
36 Universitas Universitas Sanata Dharma 3.538
37 Universitas Universitas Udayana 3.517
38 Universitas Universitas Putra Indonesia YPTK Padang 3.475
39 Universitas Universitas Ma Chung 3.474
40 Universitas Universitas Jember 3.463
41 Universitas Universitas Malikussaleh 3.462
42 Universitas Universitas Trunojoyo 3.457
43 Universitas Universitas Katolik Parahyangan 3.427
44 Universitas Universitas Negeri Jakarta 3.411
45 Universitas Universitas Syiah Kuala 3.379
46 Universitas Universitas Hasanuddin 3.353
47 Sekolah Tinggi STIKOM Bali 3.349
48 Universitas Universitas Negeri Makasar 3.341
49 Sekolah Tinggi Stikom Surabaya (jatim) 3.337
50 Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 3.334
51 Universitas Universitas Bina Darma 3.331
52 Institut Institut Manajemen Telkom 3.280
53 Universitas Universitas Islam Sultan Agung 3.276
54 Universitas Universitas Indonusa Esa Unggul 3.268
55 Politeknik Politeknik Telkom 3.245
56 Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer PalComTech 3.245
57 Universitas Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 3.215
58 Institut Institut Teknologi Nasional Malang 3.210
59 Universitas Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 3.205
60 Universitas Universitas Negeri Padang 3.201
61 Universitas Universitas Bengkulu 3.189
62 Universitas Universitas Andalas 3.153
63 Universitas Universitas Internasional Batam 3.146
64 Universitas Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 3.124
65 Universitas Universitas Tanjungpura 3.120
66 Universitas Universitas Islam Nusantara 3.115
67 Universitas Universitas Pendidikan Ganesha 3.099
68 Universitas Universitas Jenderal Achmad Yani 3.022
69 Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Raharja 3.017
70 Universitas Universitas Nasional 3.009
71 Universitas Universitas Pancasila Jakarta 2.996
72 Universitas Universitas Narotama 2.981
73 Universitas Universitas Multimedia Nusantara 2.961
74 Universitas Universitas Paramadina 2.953
75 Politeknik Politeknik Manufaktur Negeri Bandung 2.925
76 Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS Surabaya 2.924
77 Universitas Universitas Muhammadiyah Surakarta 2.916
78 Universitas Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya 2.914
79 Universitas Universitas Negeri Gorontalo 2.913
80 Universitas Universitas Al Azhar Indonesia 2.880
81 Universitas Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka 2.858
82 Universitas Universitas Terbuka 2.848
83 Universitas Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta 2.846
84 Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Banjarbaru 2.844
85 Universitas Universitas Bangka Belitung 2.842
86 Universitas Universitas Muhammadiyah Semarang 2.838
87 Institut IAIN Sunan Ampel Surabaya 2.838
88 Universitas Universitas Bung Hatta 2.799
89 Universitas Universitas Bandar Lampung [UBL] 2.787
90 Universitas Universitas Kristen Indonesia Jakarta 2.781
91 Universitas Universitas Negeri Medan 2.778
92 Universitas Universitas Mataram 2.756
93 Sekolah Tinggi Perguruan Tinggi Teknokrat 2.755
94 Akademi Akademi Informatika Dan Komputer BSI Jakarta 2.749
95 Politeknik Polikteknik Negeri Pontianak 2.731
96 Universitas Universitas Surakarta 2.727
97 Universitas Universitas Sam Ratulangi 2.727
98 Universitas Universitas Balikpapan 2.726
99 Universitas Universitas Kanjuruhan 2.726
100 Universitas Universitas HKBP Nommensen 2.702

Sumber:
http://tescaindonesia.org/top100.php
 
Link terkait:
http://romisatriawahono.net/2008/07/31/kreatifitas-kampus-kesalehan-sosial-dan-open-content-oleh-oleh-penjurian-inaicta-2008/
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/05/373/587386/20-kampus-pintar-indonesia-versi-tesca
 
Terimakasih untuk seluruh civitas akademika unikom, yang telah membantu team kami, dalam persiapan mengikuti perlombaan ini.
 
 
Oleh :Taryana Suryana dipublish oleh Taryana SuryanaSumber :unikom.ac.id pada Minggu, 04 Maret 2012 - 18:41 WIBFormat Lain :Print FriendlyPDFTag :tesca, 2011, unikom, smart, campus
Like This :
 
Kampus
Seminar Nasional SAINTIKS 2017

Seminar Nasional SAINTIKS 2017

Jumat, 17 November 2017 - 07:48 WIB · BANDUNG, UNIKOM- Kamis, 9 November 2017 Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom menggelar Seminar Nasional Teknik, Komputer, dan Rekaya (SAINTIKS) 2017 dengan mengusung tema “Inovasi IPTEK dalam Pengembangan Infrastruktur, ICT, dan Kesejahteraan Masyarakat”, yang bertempat di..

 
Berita Terbaru
KPM UNIKOM Raih Prestasi di Ajang “PROTOCOL FAIR 2017”

KPM UNIKOM Raih Prestasi di Ajang “PROTOCOL FAIR 2017”

3 Hari yang lalu · BANDUNG, UNIKOM- Setelah melalui serangkaian kegiatan ‘Protocol Fair 2017’, tibalah acara puncak sekaligus acara penutup yang digelar pada Minggu (19/11). Beragendakan Lomba MC Keprotokolan dan Lomba News Presenter, kegiatan tersebut diikuti ± 100 peserta yakni perwakilan..

 
 
 
ATASPortal Berita UNIKOM © 2010 Universitas Komputer Indonesia
Unikom Website · Fans Page · Repository · Blog · Kampus · Kuliah Online · Nilai Online · valid XHTML™ · valid CSS