Bangun Kader Inovatif dan Berjiwa Sosial melalui ‘PENGKADERAN PENGUSAHA MAHASISWA UNIKOM (P2MU)’

Bangun Kader Inovatif  dan Berjiwa Sosial melalui  ‘PENGKADERAN PENGUSAHA MAHASISWA UNIKOM (P2MU)’
BANDUNG, UNIKOM- “Menciptakan Generasi Pengusaha Inovatif dan Kepemimpinan Berjiwa Sosial” adalah tema yang dipilih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Pengusaha Mahasiswa (HIPMA) Unikom dalam rangka Pengkaderan Pengusaha Mahasiswa Unikom (P2MU). Kegiatan yang digelar di Aula Villa Pleasant Hill Lembang, Minggu (14/1), merupakan ajang penerimaan dan pelantikan anggota baru HIPMA Unikom bersamaan dengan peluncuran aplikasi pengusaha (Chat Bot Line Pengusaha).
 
Menurut Archy Renaldy selaku Ketua HIPMA Unikom Periode 2017/2018, bahwa P2MU juga dimaknai sebagai awal perjalanan bagi para anggota baru agar sedikit banyak lebih mengenal dan memahami organisasinya, serta mengetahui gambaran program kerja selama satu periode kedepan. Secara khusus Archy menyampaikan harapannya agar kegiatan yang diisi materi tentang ‘Kewirausahaan’ oleh Sdr. Novi Setia Nurviat (Penerima ASEAN Youth Award 2017 & Owner Inovindo Group) dapat mempeluas wawasan para anggota baru tentang dunia usaha serta menjadi pemantik terpacunya semangat mereka dalam merealisasikan dan mengembangkan sebuah bisnis.
 
Sebagai kegiatan rutin tahunan, Archy menambahkan bahwa tahun ini pelaksanaan P2MU tidak seperti tahun sebelumnya, karena diisi berbagai agenda yang lebih inovatif dan variatif. “…jika sebelumnya hanya berupa pemaparan materi yang berkonsep seperti malam keakraban, tahun ini kami meriahkan dengan lomba pembuatan program kreativitas mahasiswa, fun games, dan pendanaan modal bagi mahasiswa yang programnya dikategorikan sebagai yang terbaik dengan harapan mereka bisa merealisasikannya,” ujar Archy. Adapun pendanaan yang diberikan senilai Rp 1.500.000 terbagi menjadi tiga kategori yakni: 1) Juara 1 (Produk Urban Greeners) Rp 1.000.000; 2) Juara 2 (Produk Electrical Hydrophonik) Rp 300.000; dan 3) Juara 3 (Produk UBAPER) Rp 200.000.
 
Pelaksanaan P2MU yang dihadiri oleh Dosen Pembina Kemahasiswaan HIPMA Unikom, Bobi Kurniawan, S.T.,M.Kom, turut mengundang perwakilan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI-PT) se-Kota Bandung. Sehingga P2MU bukan hanya sebagai kegiatan internal yang menjadi momentum pelantikan calon anggota baru, tetapi bisa dimanfaatkan untuk membangun dan memperluas relasi antar pengusaha muda mahasiswa di Kota Bandung.
 
Mengenai pengkaderan itu sendiri, HIMPA Unikom menganggap penting karena kader adalah proses awal seseorang sebelum menjadi pemimpin dalam organisasi. Sebagai iron stock, kelangsungan suatu organisasi pada masa yang akan datang, sangat bergantung pada kader yang dibinanya. Terlebih dalam HIPMA Unikom, kader dituntut mempunyai jiwa pemimpin yang dikolaborasikan dengan jiwa pengusaha agar dapat memacu keaktifan kader lainnya dalam kegiatan organisasi dan berwirausaha.
 
Melalui kegiatan P2MU diharapkan seluruh anggota baru dapat menjadi anggota HIPMA UNIKOM yang inovatif, dalam arti mampu mengembangkan segala jenis usaha yang dimiliki agar bisa bersaing menurut kebutuhan pasar. Serta memiliki jiwa kepemimpinan sosial agar keberadaan HIPMA Unikom bisa memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. (Direktorat Hms & Pro)
 
unikom.ac.id pada Senin, 22 Januari 2018 - 10:54 WIB
//berita.unikom.ac.id/berita/view/bangun-kader-inovatif-dan.45.html