UNIKOM Juara Nasional GEMASTIK 2010

UNIKOM Juara Nasional GEMASTIK 2010
Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Untuk tahun 2010 ini, GEMASTIK diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan Nasional dalam siaran pers Rabu (29/9/2010) melaporkan, GEMASTIK ke-3 ini babak penyisihan diikuti 4.268 mahasiswa dari 94 perguruan tinggi di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 400 mahasiswa dari 30 perguruan tinggi dinyatakan lolos masuk babak final kompetisi inovasi dan teknologi ini.
Babak final dilaksanakan di ITS tanggal 5-6 Oktober 2010 untuk menetapkan tiga pemenang memperebutkan total hadiah senilai Rp22,5 juta untuk masing-masing kategori.

Tim mahasiswa UNIKOM dalam final GEMASTIK 2010 ini berhasil meloloskan 5 Tim untuk 3 kategori, yaitu; Kategori Piranti Cerdas, yang terdiri dari 3 orang, Kategori Desain Web, yang terdiri dari 1 orang, Kategori Karya Tulis Ilmiah, yang terdiri dari 3 tim masing- masing 1 orang.

Dari kelima tim tersebut, akhirnya 2 Tim Mahasiswa UNIKOM tampil sebagai Juara Nasional, yakni kategori Karya Tulis Ilmiah ICT dan kategori Piranti Cerdas, sekaligus menempatkan UNIKOM pada : Top 4 Nasional Gemastik 2010.

Dalam kompetisi nasional ini, Medali Emas diraih oleh Rizki Rakhmawati, mahasiswi semester 3 dari program studi Hubungan Internasional, dengan karya tulis ilmiahnya yang berjudul : “Peranan UU ITE Sebagai Cyberlaw Indonesia Terhadap Masalah Cyberstalking”,dengan dosen pembimbing Yesi Marince, S.IP., M,Si. Sedangkan dari kategori piranti cerdas, UNIKOM berhasil meraih Medali Perunggu. Kategori ini diwakili oleh 3 orang mahasiswa, yaitu Sandi Sugandari, Aulia Rahman dan Dede Sitompul dari program studi Teknik Elektro, dengan judul karyanya : “Perancangan Model Robot Terbang sebagai Alternatif Sarana Pendistribusian Bantuan Bencana Alam ke Daerah Terisolir”, dengan dosen pembimbing Moch. Aria, ST., MT.

Dalam rangka penyerahan beasiswa semester genap 2010 kepada sekitar 200 mahasiswa UNIKOM bertempat di Auditorium UNIKOM, Rektor UNIKOM menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya atas prestasi yang dicapai para mahasiswanya di ajang GEMASTIK tersebut.

Atas prestasi tersebut Rektor memberikan Beasiswa kepada seluruh mahasiswa yang memenangkan lomba GEMASTIK 2010.
unikom.ac.id pada Senin, 08 November 2010 - 16:09 WIB
//berita.unikom.ac.id/berita/view/unikom-juara-nasional.5.html